KOMPAS.com - Memasuki bulan Ramadhan tren belanja daring pun mulai berubah. Jika pada bulan-bulan biasa belanja barang elektronik cukup tinggi, namun tidak saat Ramadhan.
COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengungkapkan, selama Ramadhan, belanja online mengalami peningkatan pada tiga kategori.
Ketiga kategori itu adalah barang rumah tangga, busana muslim, dan makanan serta minuman.
"Alasan tiga kategori itu meningkat, seperti rumah tangga kan pasti ibu-ibu mau bersih dan dekor-dekor untuk lebaran," kata Melissa di ICE BSD, Tangerang, Kamis (24/5/2018).
Sedangkan untuk busana muslim, makanan ,dan minuman disebut mengikuti tren Ramadhan.
Pada busana muslim, misalnya, kebutuhan akan busana baru meningkat, sehingga penjualan tergolong laris manis.
"Bahkan pencarian terbanyak pun salah satunya adalah dengan kata kunci baju koko," kata Melissa.
Sementara itu, waktu belanja saat Ramadhan juga mengalami perubahan, di mana peningkatan transaksi terjadi saat berbuka puasa.
Inovasi belanja online
Untuk menyemarakan Ramadhan, Tokopedia menggelar malam puncak Ramadhan bertajuk ’Semarak Ramadhan Ekstra’ yang disiarkan langsung melalui salah satu televisi swasta, hari ini.
Acara yang telah digelar sejak pukul 20.30 WIB itu menjadi pengantar sebuah kejutan belanja online.
Salah satu inovasi digital yang dihadirkan Tokopedia dalam Semarak Ramadhan Ekstra adalah masyarakat Indonesia bisa berinteraksi secara langsung dengan layar televisi dalam berbelanja.
Berbagai produk mulai dari fesyen hingga kosmetik -yang dikenakan para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra, bisa langsung dibeli dengan harga ekstra hemat lewat shake-shake.
Shake-shake adalah menggoyangkan handphone saat model dengan produk tersebut muncul di layar kaca.
Produk-produk yang dipakai para para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra adalah 100 persen produk lokal.
"Jadi, apa yang saat itu ditonton, bisa langsung dibeli saat itu juga."
"Ini merupakan inovasi pertama di Indonesia yang menggabungkan pengalaman offline dan online dalam berbelanja," kata Melissa.
Harga spesial
Tokopedia pada puncak Ramadhan Ekstra juga menyiapkan berbagai extra prize yang bisa didapatkan dengan diskon 99-100 persen seperti, iPhone X 64 GB seharga Rp 0- 179 ribu.
Kemudian Yamaha Mio M3 125 seharga Rp 157 ribu.
Lalu, New Yaris/E/MT Off The Road seharga Rp 2.000.000, serta berbagai extra prize lainnya.
Pengguna cukup menggoyangkan handphone saat masuk ke aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu untuk mendapatkan beragam extra prize tersebut.
Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/24/211119220/tren-belanja-online-di-ramadhan-baju-koko-jadi-kata-kunci-terbanyak
COO Tokopedia Melissa Siska Juminto mengungkapkan, selama Ramadhan, belanja online mengalami peningkatan pada tiga kategori.
Ketiga kategori itu adalah barang rumah tangga, busana muslim, dan makanan serta minuman.
"Alasan tiga kategori itu meningkat, seperti rumah tangga kan pasti ibu-ibu mau bersih dan dekor-dekor untuk lebaran," kata Melissa di ICE BSD, Tangerang, Kamis (24/5/2018).
Sedangkan untuk busana muslim, makanan ,dan minuman disebut mengikuti tren Ramadhan.
Pada busana muslim, misalnya, kebutuhan akan busana baru meningkat, sehingga penjualan tergolong laris manis.
"Bahkan pencarian terbanyak pun salah satunya adalah dengan kata kunci baju koko," kata Melissa.
Sementara itu, waktu belanja saat Ramadhan juga mengalami perubahan, di mana peningkatan transaksi terjadi saat berbuka puasa.
Inovasi belanja online
Untuk menyemarakan Ramadhan, Tokopedia menggelar malam puncak Ramadhan bertajuk ’Semarak Ramadhan Ekstra’ yang disiarkan langsung melalui salah satu televisi swasta, hari ini.
Acara yang telah digelar sejak pukul 20.30 WIB itu menjadi pengantar sebuah kejutan belanja online.
Salah satu inovasi digital yang dihadirkan Tokopedia dalam Semarak Ramadhan Ekstra adalah masyarakat Indonesia bisa berinteraksi secara langsung dengan layar televisi dalam berbelanja.
Berbagai produk mulai dari fesyen hingga kosmetik -yang dikenakan para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra, bisa langsung dibeli dengan harga ekstra hemat lewat shake-shake.
Shake-shake adalah menggoyangkan handphone saat model dengan produk tersebut muncul di layar kaca.
Produk-produk yang dipakai para para model saat sesi fashion show di Semarak Ramadhan Ekstra adalah 100 persen produk lokal.
"Jadi, apa yang saat itu ditonton, bisa langsung dibeli saat itu juga."
"Ini merupakan inovasi pertama di Indonesia yang menggabungkan pengalaman offline dan online dalam berbelanja," kata Melissa.
Harga spesial
Tokopedia pada puncak Ramadhan Ekstra juga menyiapkan berbagai extra prize yang bisa didapatkan dengan diskon 99-100 persen seperti, iPhone X 64 GB seharga Rp 0- 179 ribu.
Kemudian Yamaha Mio M3 125 seharga Rp 157 ribu.
Lalu, New Yaris/E/MT Off The Road seharga Rp 2.000.000, serta berbagai extra prize lainnya.
Pengguna cukup menggoyangkan handphone saat masuk ke aplikasi Tokopedia di jam-jam tertentu untuk mendapatkan beragam extra prize tersebut.
Sumber:
https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/24/211119220/tren-belanja-online-di-ramadhan-baju-koko-jadi-kata-kunci-terbanyak
0 komentar:
Posting Komentar